Kominfo Selenggarakan Diklat Manajemen Perubahan Angkatan II

Jakarta, Kominfo – Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan perubahan merupakan sesuatu yang tidak bisa dihindari. “Pasti akan ada perubahan, jadi harus di-manage,” katanya dalam Pembukaan Diklat Teknis Manajemen Perubahan Angkatan II di Pusat Diklat Kementerian Kominfo, Jakarta, Selasa (25/04/2017).
Lebih lanjut mengenai perubahan, Menteri Rudiantara menyatakan perubahan bisa datang dari luar ataupun dari dalam diri setiap orang. “Perubahan ini ada yang dari luar, ada juga yang di-drive dari kita sendiri. Silakan pilih berubah karena ditetapkan orang lain atau kita ingin berubah,” katanya.
Sejalan dengan upaya melakukan perubahan di lembaga yang dipimpinnya, Rudiantara mengajak peserta diklat untuk melakukan perubahan. “Kita harus berpikir sesuatu. Kita berpikir untuk diri kita dan generasi kita. Perubahan apa yang ingin Anda lakukan?” tantangnya.
Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo Farida Dwi Cahyarini mengatakan pelaksanaan Diklat Manajemen Perubahan Angkatan II akan berlangsung selama 15 hari kerja, mulai dari 25 April s.d. 13 Mei 2017. “Peserta diklat akan mengikuti outbond, proses pembelajaran, benchmarking atau studi imitasi, dan seminar proposal perubahan,” paparnya.
Farida menjelaskan penyelengaaran diklat menggunakan pendekatan pembelajaran orang dewasa. “Peserta diklat akan belajar dengan menggunakan metode pembelajaran berbasis andragogi yaitu pembekalan materi, diskusi, simulasi, studi kasus, menonton film pendek, latihan, sharing season, challenging session, dan benchmarking atau studi imitasi,” paparnya.
Farida menjelaskan peserta Diklat Manajemen Perubahan Angkatan II terbagi dalam dua kelompok. “Kelompok I Bidang Pelayanan terdiri dari 60 peserta diklat yang akan mempelajari Pembentukan Karakter PNS, Good Government Governance, dan Pelayanan Publik. Sementara Kelompok II Bidang Pengelolaan Program dan Anggaran terdiri dari 40 peserta diklat yang akan mempelajari Manajemen Risiko, Manajemen Proyek, dan Good Government Governance,” katanya.
Diklat Teknis Manajemen Perubahan Angkatan II akan diisi dengan beberapa narasumber profesional antara lain Rhenald Kasali, Pejabat Pimpinan Tinggi Madya di lingkungan Kementerian Kominfo, Widyaiswara Utama Kementerian Kominfo, Pejabat dari Pemprov DKI, dan Komisi ASN. (PS)