BIMTEK PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN BERBASIS AKRUAL

Tangerang – Dalam rangka meningkatkan pemahaman dan keterampilan pengelola keuangan negara dalam menyusun laporan keuangan berbasis akrual, Ditjen Aptika turut menugaskan perwakilannya dalam acara bimbingan teknis pemantapan dan pemahaman sistem akuntansi berbasis akrual yang diselenggarakan oleh Biro Keuangan, Kementerian Kominfo di BPRTIK Ciputat,Tangerang Selatan (23/5). Peserta bimtek dari Ditjen Aptika yang hadir yaitu operator SAIBA (Sistem Akuntansi Berbasis Akrual), Febrianto dan Operator SIMAK BMN DJAI, Rival Adi.

Nada Fitria selaku Kepala Verifikasi dan Akuntansi Biro Keuangan dalam kesempatan ini menyampaikan agar para penyusun dan operator keuangan masing masing Eselon I dapat meningkatkan kinerja dalam penyusunan laporan keuangan berbasis akrual. Laporan keuangan berbasis akrual selain mencatat transaksi pengeluaran dan penerimaan kas, juga mencatat jumlah hutang dan piutang organisasi. Oleh karena itu, akuntansi berbasis akrual memberikan gambaran yang lebih akurat atas kondisi keuangan organisasi daripada akuntansi berbasis kas. Namun jelas bahwa catatan menggunakan basis akrual lebih kompleks daripada basis kas karena laporan berbasis kas berarti hanya mencatat transaksi pada saat terjadinya transaksi kas.

Lebih lanjut Nada Fitria menegaskan bahwa Laporan Keuangan Kementerian Kominfo tahun 2016 mendapatkan opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian). Ke depannya opini ini agar dapat dipertahankan, begitu juga kinerja kementerian juga diharapkan dapat terus ditingkatkan, khususnya kinerja pengelola keuangan . Sehingga Kementerian Kominfo mampu belajar dari masalah-masalah pengelolaaan keuangan pada tahun 2016, dan tidak terulang kembali di tahun 2017, seperti halnya kesalahan pembebanan MAK, piutang TPTGR, utang dan lain sebagainya. (feb)