KEMENTERIAN PANRB GELAR INOVASI PELAYANAN PUBLIK 2016

Kementerian PANRB melaksanakan kegiatan Simposium dan Gelar Inovasi Pelayanan Publik Nasional Tahun 2016 pada tanggal 31 Maret s/d 2 April 2016 bertempat di Jatim Expo (JX) Surabaya. Acara dibuka oleh Menteri PANRB dan dihadiri oleh perwakilan dari masing-masing Kementerian/Lembaga/Daerah. Pada kegiatan tersebut diberikan penghargaan kepada Top 99 Inovasi Pelayanan Publik yang terdiri dari 11 Inovasi Kementerian, 5 Inovasi Lembaga Pemerintah, 25 Inovasi Pemerintah Provinsi, 40 Inovasi Pemerintah Kabupaten, 13 Inovasi Pemerintah Kota, dan 5 Inovasi BUMN. Ke-99 inovasi tersebut berhasil menyisihkan 2476 inovasi lainnya dan akan diseleksi kembali oleh Tim Panel Independen yang diketuai oleh Prof. JB Kristiadi menjadi 35 inovasi terbaik.

20160331_yudy_mira_wagub_jabar-kominfoSimposium dan gelar inovasi bertujuan untuk mempromosikan inovasi dari Kementerian/Lembaga/Daerah/BUMN, berbagi pengalaman inovasi serta mendorong dilakukannya replikasi pelayanan publik. Pada sesi simposium, beberapa Kementerian/Lembaga/Daerah menyajikan paparan mengenai inovasi yang dilakukan di instansi masing-masing. Sementara kegiatan gelar inovasi ditampilkan dalam bentuk pameran yang diikuti oleh 99 inovasi terbaik.

Pada tahun 2016 ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika mengirimkan 9 inovasi pada Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik yang dilaksanakan oleh Kementerian PANRB, yaitu:

1)    Simulasi BHP Frekuensi Radio pada Layanan Mandiri Perizinan Frekuensi Radio (Direktorat Operasi Sumber Daya, Ditjen SDPPI).

2)    Asistensi Teknis Pada Pusat Pelayanan Terpadu Perizinan Frekuensi Radio (Direktorat Operasi Sumber Daya, Ditjen SDPPI).

3)    Informasi Kediklatan dalam Genggaman (Pusdiklat Pegawai, Setjen).

4)    Percepatan Layanan Pengujian Alat dan Perangkat Telekomunikasi, melalui Pratest (Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi, Ditjen SDPPI).

5)    Penerapan Dashboard Monitoring Perijinan e-Sertifikasi Alat dan Perangkat Telekomunikasi (Direktorat Standardisasi Perangkat Pos dan Informatika, Ditjen SDPPI).

6)    Layanan Loket Keliling untuk Permohonan Perpanjangan Sertifikat REOR (Direktorat Operasi Sumber Daya, Ditjen SDPPI).

7)    Disiplin Dengan APIK, Produktivitas Naik (PDSI, Setjen).

8)    Jendela Desa InformasI: Inovasi Pelayanan Publik Pemerintah Desa (BPPKI Yogyakarta, Badan Litbang SDM).

9)    Efektif dan Paper Less Bersama Simaya (PDSI, Setjen).

Sayangnya, belum satupun berhasil lolos pada tahap seleksi 99 inovasi terbaik. Pada kompetisi tahun 2014, salah satu inovasi Kementerian Komunikasi dan Informatika berhasil masuk hingga tahap presentasi dan wawancara pada Top 44 inovasi terbaik, yaitu Pengembangan Contact Center SDPPI Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk Pelayanan Izin Stasiun Radio (ISR) dan Sertifikasi Operator Radio.

Seluruh bahan paparan simposium dapat  diunduh melalui link berikut ini sebagai bahan pembelajaran bagi satuan kerja di lingkungan Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam menciptakan dan mengembangkan inovasi di bidang pelayanan publik.

Bahan Simposium Hari Pertama dapat diunduh di sini

Bahan Simposium Hari Kedua dapat diunduh di sini

Bahan Simposium Hari Ketiga dapat diunduh di sini