KOMINFO SIAPKAN USULAN QUICK WINS 2016

Kementerian Komunikasi dan Informatika telah menyiapkan 8 usulan Quick Wins untuk percepatan pelaksanaan Reformasi Birokrasi 2016. “Delapan usulan itu yang nantinya akan disampaikan kepada Menteri Rudiantara untuk dipilih dan ditetapkan sebagai bagian dari percepatan Reformasi Birokrasi 2016 di lingkungan Kementerian Komunikasi dan Informatika,” jelas Staf Ahli Menkominfo Bidang Sosial, Ekonomi, dan Budaya Djoko Agung Harijadi di Auditorium Gedung Pusat TIK Nasional (Pustiknas), Ciputat, Tangerang, Banten, Rabu (24/02/2016).

Dalam sambutannya, Djoko Agung Harijadi selaku Ketua Pokja Manajemen Perubahan mengatakan bahwa pemetaan dan penetapan Quick Wins Tahun 2016 bertujuan untuk perbaikan sistem pelayanan kepada pemangku kepentingan utama.  “Dengan mengidentifikasi area-area kritikal pada masing-masing unit kerja yang merujuk pada Rencana Strategis (Renstra) Kementerian Kominfo tahun 2015-2019, khususnya pada program peningkatan kualitas pelayanan publik,” paparnya.

 

Dalam rapat tersebut, para pejabat Eselon I yang menjadi narasumber mempresentasikan 14 usulan Quick Wins untuk tahun 2016 yang merupakan tugas dan fungsi unit kerja dan program unggulan pelayanan kepada masyarakat.

Dari 14 usulan yang disampaikan oleh unit-unit kerja di Kementerian Kominfo, kemudian disederhanakan menjadi 9 (sembilan) usulan Quick Wins 2016 yang nantinya akan ditetapkan oleh Menkominfo Rudiantara.

 

Berdasarkan Peraturan Menteri PAN dan RB Nomor 13 Tahun 2011 yang menjadi Pedoman Pelaksanaan Quick Wins, disebutkan bahwa dalam usulan Quick Wins yang diajukan harus memenuhi tiga kriteria, yakni merupakan program reformasi birokrasi, bagian utama dari peran, tugas, fungsi, dan karakteristik Kementerian/Lembaga, dan memberikan dampak perubahan yang besar.

 

Berikut 8 usulan Quick Wins hasil rapat Pemetaan dan Penetapan Quick Wins Tahun 2016 pada 24 Februari lalu:

  1. Penerapan aplikasi surat rekomendasi alat dan perangkat telekomunikasi berbasis online dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan
  2. Peningkatan Capaian Waktu Penyelesaian Pengujian 17 hari kerja melalui Pra-test Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi/BBPPT
  3. Sistem Perijinan Online Pos dan Telekomunikasi
  4. Sertifikasi, Pelatihan, Bimbingan Teknis dan Training of Trainer Berbasis SKKNI Bidang Kominfo bagi Angkatan Kerja Muda
  5. Pendaftaran Sistem Elektronik Pelayanan Publik
  6. Diseminasi Narasi Tunggal
  7. Peningkatan Layanan Penyajian Benda Pers Bersejarah
  8. Transaksi Online Layanan Infomasi Publik