Kunci Perubahan Dari Keteladanan Pimpinan

Salah satu faktor penting dalam hal perubahan pola pikir dan budaya kerja di suatu organisasi adalah adanya keteladanan yang nyata dari pimpinan. “Karena pemimpin mempunyai pengaruh yang luas, sehingga dapat menjadi contoh bagi para bawahan dalam bertindak dan berprilaku,” jelas Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo Suprawoto saat membuka Workshop Agen Perubahan Kementerian Komunikasi dan Informatika di Bogor, Senin (6/10) .

Menurut Sekjen Kominfo, semakin kuat kepemimpinan seseorang dalam melakukan tindakan perubahan maka akan semakin tinggi tingkat tercapainya perubahan dalam organisasi yang dipimpinnya. “Sebaliknya semakin lemah dan kurangnya komitmen pimpinan dalam mempengaruhi dan menularkan gerakan perubahan, maka semakin sulit dan rendah tingkat keberhasilan perubahan di organisasi yang dipimpinnya,” jelasnya.

Lebih lanjut Sekjen menyatakan dukungan dan keterlibatan aktif para pimpinan sangat memegang peranan penting dalam mewujudkan perubahan pola pikir dan  budaya kerja di lingkungan kerjanya masing-masing, agar dapat menjadi budaya bagi seluruh individu di lingkungan Kementerian Komunikasi dan Informatika. “Sehingga reformasi birokrasi bukan hanya sekedar dokumentasi tetapi benar-benar membawa perubahan yang nyata yaitu perubahan birokrasi yang lebih baik,” tandasnya.

Bagi Suprawoto, pembentukan Agen Perubahan dimulai dari para pimpinan Satuan Kerja, agar para pimpinan satker ini dapat menjadi penggerak roda perubahan dan sebagai role model bagi pegawaidi satuan kerjanya masing-masing

Selanjutnya Sekretaris Jenderal juga menekankan kepada seluruh peserta untuk memanfaatkan waktu sebaik-baiknya agar informasi tentang agen perubahan ini dapat diteruskan dan diimplemenasikan di lingkungan kerjanya masing-masing. Sehingga kegiatan ini bukan sekedar menghasilkan output tetapi dapat memberikan outcomes bagi Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Kegiatan Workshop diikuti oleh 91 peserta yang terdiri dari para Staf Ahli Menteri dan  Pejabat Eselon II serta para pendamping yang merupakan pejabat eselon III dan IV dan Pejabat Fungsional Umum dari tiap-tiap satuan kerja di lingkungan Kementerian Komunikasi dan Informatika.