Kode Etik Kominfo

Kode etik merupakan norma-norma yang harus dipatuhi dalam suatu kumpulan atau organisasi (organisasi profesi) untuk menjaga martabat, kehormatan, citra, dan kredibilitas organisasi (organisasi profesi) tersebut.

Agenda RB Kominfo

Dalam mewujudkan reformasi birokrasi di Kementerian Komunikasi dan Informatika, Biro Kepegawaian selaku Tim Sekretariat Reformasi Birokrasi Kementerian Kominfo telah menyusun agenda terkait Refomasi Birokrasi

Indikator Kinerja Utama

Untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan pelaksanaan Reformasi Birokrasi di Kementerian Komunikasi dan Informatika, maka ada beberapa hal yang menjadi indikator kinerja, antara lain :
04
Sep

Sosialisasi Kode Etik Pegawai

Written by admin. Posted in Berita

Untuk melaksanakan tugas umum pemerintahan di bidang komunikasi dan informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika telah menetapkan Organisasi dan Tatakerja sesuai dengan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 17/PER/M.KOMINFO/10/2010 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Komunikasi dan Informatika. Dalam rangka untuk mewujudkan aparat pemerintah yang bersih, berwibawa, berdisiplin serta sadar akan tanggung jawabnya sebagai unsur aparatur negara dan abdi masyarakat, diperlukan standar perilaku pegawai Kementerian Komunikasi dan Informatika yang memiliki kompetensi, transparansi dan integritas serta mampu memberikan pelayanan yang prima terhadap masyarakat.

Terkait dengan hal tersebut di atas Kementerian Komunikasi dan Informatika telah menetapkan Peraturan Menteri Kominfo Nomor 25/PER/M.KOMINFO/12/2011 tentang Kode Etik Pegawai Kementerian Kominfo dan Keputusan Menteri Kominfo Nomor 166/KEP/M.KOMINFO/03/2012 tentang Tim Majelis Kode Etik Pegawai Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Untuk pelaksanaan Kode Etik Pegawai Kementerian Komunikasi dan Informatika telah mengadakan Sosialisasi pada tanggal 12 Juli 2012 bertempat di Hotel Horison, Bekasi.

Sosialisasi Kode Etik Pegawai Kementerian Kominfo dibuka oleh Bapak Sekretaris Jenderal yang diwakilkan oleh Bapak Staff Ahli Menteri Bidang Komunikasi dan Media Massa dan dihadiri para Pejabat Eselon I dan Eselon II, serta Eselon III di lingkungan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Dalam pelaksanaan Sosialisasi Kode Etik Pegawai  Kementerian Kominfo diawali dengan paparan terkait Pembinaan Jiwa Korps Pegawai yang disampaikan oleh Bapak Kuspriyo Murdono Deputi Bina Kinerja dan Perundang-undangan Badan Kepegawaian Negara (BKN), yang menjelaskan secara garis besar terkait Kode Etik Pegawai secara Umum yang bisa diadopsi oleh instansi yang disesuaikan dengan Tugas dan fungsinya masing-masing. Dan disampaikan Kode Etik Pegawai di BKN yang jika memungkinkan juga dapat diadopsi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Setelah paparan dari BKN, kemudian dilanjutkan oleh Bapak Direktur Pengawasan Internal KPK. Buntoro, Ak., M.Ak., CFE, CAMS dari Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) yang menjelaskan bagaimana pelaksanaan Kode Etik di KPK dan penegakannya.

Setelah mendapat pencerahan dari BKN dan KPK, dilanjutkan dengan paparan Bapak Inspektur Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika yang diwakili oleh Bapak Inspektur I. Disampaikan kondisi Kementerian Komunikasi dan Informatika saat ini, sesuai dengan hasil pemeriksaan rutin dari BPK. Dapat disimpulkan bahwa kondisi  Kementerian Komunikasi dan Informatika  saat ini memprihatinkan, dimana kita belum benar-benar melaksanakan amanat Reformasi Birokrasi.

Hubungi Kami

Tim Sekretariat Reformasi Birokrasi
Jl. Medan Merdeka Barat No.9
Jakarta - 10110

Telepon 1: +62-21-3440858
Telepon 2: +62-21-3865189
E-mail: ts_reformasi_birokrasi@kominfo.go.id